Konflik (Pengertian, Jenis, Dampak, Penyebab)

Diposting pada

Hallo sobat kali ini akan menyampaikan pembahasn artikel tentang Faktor Penyebab Konflik bidang sosial dan bidang organisasi lengkap dengan cara mengatasi, dan pengertiannya, supaya mudah di pahami.

Apa itu Konflik – adalah sebuah kata yang diturunkan dari kata kerja configere Latin dan artinya saling memukul dengan proses sosial antara dua orang atau lebih untuk menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkan suatu kebudayaan.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Penyebab Terjadinya Konflik Adalah

Memahami konflik adalah dapat juga dikatakan sebagai proses sosial antara dua individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuannya yang melalui perlawanan pada ancaman dan kekerasan.

Istilah “konflik” juga berasal dari bahasa Inggris, yaitu “konflik”, yang berarti perselisihan pada argumen sehingga hal ini dikenal sebagai proses interaksi sosial yang disosiatif yang terjadi ketika pihak pada masyarakat akan mencapai tujuan secara bersamaan.

Baca Juga: Teori Struktural Fungsional Menurut Para Ahli

Faktor-faktor yang umumnya menyebabkan konflik adalah:

  • Ada perbedaan dalam kepentingan individu atau kelompok
  • Ada perbedaan dengan latar belakang atau struktur budaya
  • Ada perbedaan terhadap ras dan karakteristik fisik
  • Perbedaan dalam bidang ideologis
  • Ada perubahan pada nilai yang cepat

Konsekuensi dari konflik adalah:

  • Solidaritas dalam kelompok-kelompok yang berperang dengan kebudayaan yang meningkat
  • Celah dalam individu atau kelompok
  • Kerusakan fasilitas dengan campuran infrastruktur
  • Perubahan ppada sifat kepribadian antara pihak yang bertikai

Baca Juga: Sosiologi: Pengertian, Sejarah, Penyebab, Teori Sosiologi

5 Faktor Penyebab Konflik

Konflik (Pengertian, Jenis, Dampak, Penyebab)

Konfliik akan terjadi begitu saja yang akan menimbulkan banyak faktor di belakangnya yang akan menyebabkan konfliik ini adalah:

1. Perbedaan Antar individu

Setiap kelompok orang harus memiliki pandangan, pendapat, atau cara berinteraksi yang berbeda dan dapat juga menimbulkan perselisihan yang kemudian menimbulkan konfliik.

2. Faktor budaya

Kondisi kerangka budaya yang berbeda dalam masyarakat dapat menyebabkan konfliik dan akan memiliki keunikannya sendiri atau dapat membentuk kepribadiannya sendiri.

Sebagaiu perilaku dan cara orang dalam berbicara keras sering dipandang sebagai orang yang sombong ayau marah pada orang-orang dari budaya yang berbeda.

Baca Juga: Struktur Sosial: Ciri, Fungsi, Bentuk, Pengertian Menurut Ahli

3. Faktor menarik

Setiap individu atau kelompok dalam suatu masyarakat akan memiliki minat yang berbeda dalam kepentingan yang bersifat ekonomi, sosial dan politik.

Perbedaan ini juga dapat dalam pandangan dan minat dari berbagai bidang kehidupan manusia sebagai faktor-faktor yang menyebabkan konfliik yang sangat sulit dan tidak dapat di hindari.

4. Interaksi sosial

Kurangnya harmoni hal interaksi sosial akan dapat menyebabkan konfliik dalam lingkungan masyarakat dengan keharmonisan dari bentuk interaksi sosial dengan beberapa faktor.

5. Perubahan sosial

Perubahan sosial akan terjadi secara alami pada dasarnya hal ini akan selalu berubah, dan akan sering menjadi timbulnya faktor yang menyebabkan konfliik di masyarakat.

7 Jenis-Jenis Konflik

Beberapa pembahasan yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan bebrapa jenis konfliik yang terjadi di masyarakat.

Berkenaan definisi konfliik dengan jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Konflik individual – adalah konfliik yang muncul antara individu dengan kelompok masyarakat hal ini merupakan hal yang sangat umum di keluarga.
  2. Konflik rasial – adalah konfliik antara dua atau lebih ras yang berbeda, dan rasional akan muncul ketika setiap ras merasa lebih unggul dan kepentingan kelompoknya sendiri dari kepentingan bersama.
  3. Konflik agama – adalah konfliik antara kelompok dengan agama dan kepercayaan yang berbeda, sebagai panduan dan cara hidup yang harus diikuti, sebagai masalah dan kemudian memicu konflik.
  4. Konflik antar kelas sosial – adalah sebuah pengelompokan kelas di komunitas untuk mempertahankan peran dan status dalam kelompok, dan akan mengarah pada konflik dalam bidang kekuasaan dalam politik.
  5. Konflik politik – adalah konfliik yang muncul dari berbagai pandangan pada kehidupan politik, dan masing-masing kelompok ingin memerintah dalam pemerintahan.
  6. Konflik sosial – adalah salah satu konfliik yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat, yang mencakup dalam bidang sosial, ekonomi, dan komunikasi .
  7. Konflik internasional – adalah dalah satu konfliik yang muncul antara negara-negara yang berkembang maupun negara industri dan akan dirugikan oleh negara dalam memperjuangkan keberadaannya.

Dampak Konflik

Pada dasarnya, konflik akan berdampak negatif dan masing-masing pada kasus-kasus yang tertentu yang hanya memiliki dampak negatif, dan juga dampak positif.

Sesuai dengan kondisinya maka dampak konfliik adalah:

Dampak negatif

  • Kerusakan integrasi sosial
  • Menyebabkan trauma secara psikologis dan sosial
  • Promosikan rasa balas dendam di masing-masing pihak sehingga kehidupan orang tidak menjadi harmonis
  • Kerusakan / kehilangan harta benda dalam kehidupan manusia

Dampak positif

  • Konfliik yang terjadi di masyarakat cenderung berdampak negatif
  • Konfliik dapat mengarah pada kesepakatan yang menguntungkan semua pihak, sehingga memperkuat integrasi masyarakat.

Demikianlah sobat pembahasan dari kami mengenai ulasan tentang Faktor Penyebab Konfliik faktor dan dampa, semoga apa yang sudah kami samapaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.