Daftar 7 Negara Dengan Garis Pantai Terpanjang Di Dunia

Diposting pada

7 Negara Dengan Garis Pantai Terpanjang Di Dunia – Beberapa negara di dunia mempunyai wilayah yang berbatasan dengan lautan atau kawasan perairan. Untuk negara yang berbatasan dengan lautan tentu mempunyai wilayah yang bernama pantai. Pantai sendiri merupakan kawasan perbatasan antara daratan dengan lautan. Pada pantai juga biasanya terdiri dari kawasan berpasir yang banyak ditemukan di daerah pesisir laut.

Pada panti juga terkenal adanya garis pantai yakni perbatasan antara bagian laut dan darat yang terjadi ketika air laut sedang mengalami pasang tertinggi. Panjangnya garis pantai suatu negara dihitung dengan cara mengelilingi seluruh pantai yang ada. Ternyata posisi garis pantai dapat berubah-ubah yang disebabkan oleh abrasi pantai ataupun kegiatan manusia seperti reklamasi. Di dunia ini terdapat beberapa negara yang memiliki garis pantai terpanjang. Negara mana sajakah itu? Negara Kanada terletak di benua Amerika tepatnya di bagian utara. Negara ini juga masuk sebagai salah satu dari 10 negara terbaik di dunia untuk dijadikan tempat tinggal sejak tahun 1994 oleh PBB. Hal ini didukung juga oleh lingkungan alam yang sangat indah serta penduduknya yang tetap menjaga tradisi kebudayaan. Berbicara tentang alam, salah satu kelebihan lain yang dimiliki negara Kanada yakni mempunyai garis pantai terpanjang di dunia dengan total 202.080 km atau 125.567 mil.

Dengan total garis pantai tersebut menjadikan Kanada sebagai negara dengan garis pantai terpanjang nomor 1 di dunia. Hampir setiap provinsi di Kanada mempunyai garis pantai dengan tipe dan karakteristik yang berbeda-beda. Bahkan menurut Atlas Dunia, garis pantai yang dimiliki oleh Kanada terbentang dari bagian barat Samudera Pasifik, bagian timur Samudera Atlantik hingga ke bagian utara Samudera Arktik. Sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh banyak kawasan perairan, tidak heran jika negara Indonesia mempunyai kawasan pantai yang cukup banyak. Bahkan setiap pantai yang terdapat di Indonesia memiliki tipe dan karakteristik garis pantai yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Banyak pantai di Indonesia yang terkenal hingga ke dunia internasional salah satunya pantai Kuta yang terdapat di Bali. Total garis pantai yang dimiliki Indonesia mencapai 95.181 km. Dengan panjang garis pantai tersebut menjadikan negara Indonesia sebagai negara dengan garis terpanjang kedua di dunia. Negara Denmark terletak di benua Eropa bagian utara, tepatnya di bagian selatan Semenanjung Skandinavia, sebelah barat daya negara Swedia dan selatan negara Norwegia,serta masuk sebagai negara Nordik terkecil. Karena letaknya yang berada di dekat bagian utara planet Bumi, tidak heran jika iklim negara ini termasuk dingin. Meskipun demikian, negara Denmark masuk sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia.

Kenampakan alam yang dimiliki Denmark juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Denmark mempunyai pantai yang sangat indah di sepanjang Danish Riviera, hal ini juga menjadikan Denmark sebagai negara dengan garis pantai mencapai 44.087 km. Selain menjadi negara terluas di dunia, negara Rusia juga memiliki garis pantai terpanjang di dunia yakni mencapai 37.653 km. Diketahui jika garis pantai Rusia terbagi menjadi beberapa bagian, mulai dari bagian timur Samudera Pasifik, bagian utara Samudera Arktik dan Laut Baltik, Laut Kaspia, Laut Hitam, bagian barat Samudera Atlantik, dan juga bagian barat daya Laut Azov.

Salah satu pantai terkenal di Rusia bernama Ussuri Bay. Pantai ini terkenal akan keindahan pasir yang berwarna-warni karena terdapat pecahan kaca yang tersebar di sepanjang pantai. Menurut sejarah, dahulu pantai Ussuri Bay dijadikan sebagai tempat pembuangan keramik dan botol zaman Uni Soviet. Pecahan kaca yang dibuang begitu saja tentu sangat berbahaya bagi manusia sehingga tempat tersebut menjadi daerah terbengkalai. Namun seiring berjalannya waktu limbah kaca tersebut mengalami erosi oleh ombak laut dan mengkikisnya menjadi ukuran lebih kecil hingga mengubahnya seperti batu kaca yang sangat cantik.

Sama seperti negara Indonesia, Filipina termasuk sebagai anggota dan juga berperan dalam pembentukan ASEAN. Bahkan negara Filipina juga termasuk sebagai negara kepulauan karena terdiri atas beberapa pulau-pulau (7.107 pulau) hingga membentuk sebuah negara kesatuan. Selain itu, lokasi negara Filipina diapit oleh kawasan perairan, mulai dari laut Filipina di bagian timur, Laut Tiongkok Selatan (Cina Selatan) pada bagian barat, dan Laut Sulawesi di bagian selatan. Hal ini juga menjadikan Filipina memiliki garis pantai mencapai 36.289 km atau sekitar 22.549 mil. Dengan panjang garis pantai tersebut membuat negara Filipina masuk sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia kelima.

Bentuk garis pantai negara ini tidak teratur dengan sebagian besar berbentuk pulau kecil dan teluk. Salah satu pantai terkenal di Filipina berada di Boracay Island yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Negara yang mendapat julukan sebagai negara Matahari terbit, termasuk sebagai salah satu negara maju di dunia. Negara Jepang termasuk negara kepulauan yang berada di kawasan Asia Timur, tepatnya di ujung barat Samudera Pasifik dan berada di bagian timur Laut Jepang. Dapat dikatakan jika negara Jepang dikelilingi oleh wilayah perairan. Oleh karena itu, negara Jepang termasuk negara dengan garis pantai terpanjang di dunia yakni 29.751 km.

Salah satu pantai terkenal di Jepang berada di pulau Miyako yang dapat ditempuh selama 1 jam menggunakan pesawat dari Okinawa. Pulau ini akan ramai dikunjungi oleh para turis lokal maupun asing terutama ketika musim panas tiba. Negara Australia juga termasuk negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantainya sendiri terdiri dari garis pantai di daratan Australia dan daratan Tasmania.

Berdasarkan The World Fackbook, negara Australia mempunyai garis pantai mencapai 25.780 km atau sekitar 16.020 mil. Hal tersebut didukung oleh kondisi geografis daratan yang dikelilingi oleh perairan. Di bagian barat negara Australia berbatasan dengan Samudera Hindia, sisi utara berbatasan dengan Laut Arafura dan Laut Timor (Indonesia dan negara Timor Timor), dan sisi timur hingga selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik. Salah satu keunikan dari Australia yakni terdapat sebuah terumbu karang bernama Karang Penghalang Besar yang berada di bagian timur laut dengan panjang mencapai 2.000 km.

Pengertian Meteor, Cahaya Meteor, Fireball dan Fase Meteor