Daftar 5 Pantai Terpanjang Di Asia Tenggara

Diposting pada

Daftar 5 Pantai Terpanjang Di Asia Tenggara – Asia Tenggara merupakan suatu kawasan di benua Asia yang sebagian besar wilayahnya memiliki iklim tropis. Tidak hanya itu saja, banyak negara di Asia Tenggara memiliki wilayah berupa kawasan perairan atau lautan.

Bahkan negara-negara yang berbatasan dengan kawasan perairan ini tentu memiliki banyak pantai. Perlu diketahui terlebih dahulu jika pantai merupakan suatu daratan yang tersusun dari pasir dan dekat dengan laut.

Pantai tidak hanya memberikan keindahan alamnya saja. Beberapa negara di Asia Tenggara ini memiliki pantai yang cukup panjang yang menjadikannya beda dengan pantai pada umumnya. Pantai apa sajakah itu? Berikut daftar pantai terpanjang di Asia Tenggara!

1. Pantai Panjang (Indonesia)

Sesuai dengan namanya, pantai ini diberi nama “Panjang” karena total panjang pantai mencapai kurang lebih 7 km. Pantai Panjang berada di provinsi Bengkulu, Indonesia.

Selain memiliki pantai yang panjang, pantai ini juga terkenal akan keindahan lautnya. Bahkan banyak orang menjadikan pantai ini sebagai tempat paling tepat untuk menikmati Matahari terbit dan juga Matahari terbenam.

Mengakses pantai Panjang juga terbilang mudah dan bisa menggunakan transportasi umum. Apabila pengunjung berasal dari luar Bengkulu, dapat dimulai dari bandara kemudian pergi ke Terminal Panorama. Dari sana berlanjut untuk naik angkot warna kuning kode A.

Lamanya perjalanan untuk sampai ke pantai Panjang membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Selain menggunakan angkot, pengunjung juga bisa menggunakan transportasi lain berupa ojek.

2. Pantai Mai Khao (Thailand)

Salah satu pantai terpanjang yang ada di Asia Tenggara berada di negara Thailand bernama pantai Mai Khao. Pantai ini termasuk pantai lurus dengan panjang mencapai 11 km dan merupakan bagian dari Taman Nasional Sirinat.

Pantai yang berlokasi di bagian barat Phuket, memiliki arti nama “kayu putih” ini sangat luas. Tidak heran jika di pantai ini akan terlihat sepi dari pengunjung.

Namun sepinya pantai ini disebabkan karena adanya peraturan baru bagi para pengunjung berupa larang melakukan swafoto di pantai. Sebelum adanya larangan tersebut, pantai ini ramai didatangi oleh para pengunjung yang ingin berfoto ketika pesawat terbang rendah di atas pantai.

Lokasi pantai Mai Khao memang berada tidak jauh dari Bandara International Phuket. Bahkan setiap 10-15 menit sekali akan ada pesawat yang terbang melintasi pantai Mai Khao, terutama ketika musim liburan tiba.

Untuk keselamatan, pemerintah setempat bekerja sama dengan pihak bandara memasang papan pengumuman yang berisi bahaya jika berdiri terlalu dekat dengan pesawat yang akan lepas landas ataupun akan mendarat.

3. Long Beach of San Vincente (Filipina)

Pantai yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti Pantai Panjang San Vincente merupakan salah satu panti terpanjang di negara Filipina. Letak pantai ini berada di bagian barat laut Pulau Palawan.

Panjang dari pantai Panjang San Vincente ini mencapai 14,7 km atau sekitar tiga kali lebih panjang dari pantai Boracay yang terkenal akan pasir putihnya. Dengan panjang pantai yang dimilikinya menjadikannya sebagai pantai terpanjang kedua di Asia Tenggara.

Selain terkenal sebagai pantai terpanjang, pantai Panjang San Vincente memiliki keindahan alam yang menarik banyak turis mancanegara. Tidak hanya keindahan pantainya, daya tarik utama dari pantai ini yakni terdapat San Vincente berupa desa nelayan.

Selain itu, terdapat pula hutan rimbun yang masih alami, beberapa pulau indah, air terjun, hingga hutan bakau yang kaya akan keragaman flora dan faunanya.

4. Pantai Sok San (Kamboja)

Pantai Sok San atau bisa juga disebut sebagai Long Beach menjadi salah satu pantai terkenal di negara Kamboja. Pesona pantai Sok San terlihat dari panjang pantai yang dimilikinya yakni mencapai 7 km.

Pantai ini memiliki perairan yang tenang, jernih, dengan pasir putih yang halus. Tidak heran jika pantai Sok San banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun asing.

Tidak jauh dari bibir pantai, terdapat terumbu karang yang indah dan cocok untuk melakukan kegiatan menyelam. Selain itu, pantai Sok San dikelilingi oleh hutan hujan yang masih alami.

5. Pantai Ngwe Saung (Myanmar)

Pantai Ngwe Saung dapat ditempuh dengan berkendara menggunakan mobil selama 5-6 jam dari Yangon. Keunikan dari pantai ini yakni memiliki pasir berwarna perak yang terbentang sepanjang 15 km, menjadikannya sebagai pantai terpanjang di negara Myanmar.

Meskipun demikian pantai ini kurang menarik bagi para turis lokal maupun asing, karena keindahan alam yang dimilikinya tidak sebaik pantai-pantai lain di Myanmar. Namun untuk yang ingin berlibur dengan anggaran rendah, pantai ini menjadi pilihan yang tepat.

Selain berenang, di pantai Ngwe Saung pada pengunjung juga dapat melakukan kegiatan lain seperti menyelam, bersepeda ataupun menjelajah pulau-pulau di sekitar pantai. Lover Island (Pulau Kekasih) merupakan ikon penting dari pantai Ngwe Saung yang dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Daftar 7 Negara Dengan Garis Pantai Terpanjang Di Dunia